SNMPTN 2010

HAL PENTING UNTUK DIIKUTI OLEH SISWA YANG BARU LULUS SMA

Minggu, 10 Mei 2009

KIMIA SMA


KEGIATAN PENILAIAN , TATAP MUKA DAN PENUGASAN,

SMA NEGERI 3 MATARAM

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Mata Pelajaran : KIMIA

Kelas/Semester : X/1

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)

NO

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

KEGIATAN BELAJAR

TATAP MUKA

TUGAS TERSTRUKTUR

KEGIATAN MANDIRI

1

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

8 JAM

· Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi

· Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik

Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton)

· Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.

· Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, affinitas elektron dan keelektronegatifan

· Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.

· Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

Menjelaskan dasar pengelom-pokan unsur-unsur.

Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)

2

1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk

6 JAM

§ Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.

§ Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).

§ Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.

§ Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

§ Menjelaskan proses terbentuknya ikatan koordinasi pada beberapa senyawa.

§ Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.

§ Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.

§ Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya.

Standar Kompetensi : 2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

Alokasi Waktu : 20 jam (untuk UH 4 jam)

NO

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

KEGIATAN REMIDIAL

TATAP MUKA

TUGAS TERSTRUKTUR

KEGIATAN MANDIRI

2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

6 JAM

§ Menuliskan nama senyawa biner

§ Menuliskan nama senyawa poliatomik

Menuliskan nama senyawa organik sederhana

diskusi kelompok, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, observasi di sekolah, ekplorasi dan kajian pustaka atau internet, atau simulasi.

Tugas Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya

4

2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

10 JAM

§ Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan

§ Membuktikan hukum Proust melalui percobaan

§ Menganalisis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)

§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).

§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.

§ Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.

§ Menentukan rumus empiris dan rumus molekul

§ Menentukan rumus air kristal

§ Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.

§ Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi

Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaks

pembelajaran dilakukan dengan strategi diskoveri inkuiri. Metode yang digunakan seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek.

Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi

Alokasi Waktu : 14 jam (2 jam untuk UH )

NO

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

KEGIATAN REMIDIAL

TATAP MUKA

TUGAS TERSTRUKTUR

KEGIATAN MANDIRI

5

3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

3 JAM

§ Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan

§ Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya

§ Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik

Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.

§ Memberi nama senyawa menurut IUPAC

6

3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

11 JAM

§ Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.

§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.

§ Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks

§

Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

§ Memberi nama senyawa menurut IUPAC

§ Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskoveri inkuiri dengan metode seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek.

Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

Alokasi Waktu : 20 jam (untuk UH 3 jam)

NO

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

KEGIATAN REMIDIAL

TATAP MUKA

TUGAS TERSTRUKTUR

KEGIATAN MANDIRI

4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

2 JAM

§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.

§ Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon

Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.

pembelajaran dilakukan dengan strategi diskoveri inkuiri. Metode yang digunakan seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek.

8

4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

9 JAM

§ Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan

§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.

§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya.

§ Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans)

§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)

diskusi kelompok, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, observasi di sekolah, ekplorasi dan kajian pustaka atau internet, atau simulasi.

9

4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya

4 JAM

§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.

§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.

§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.

Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan

diskusi kelompok, pembelajaran kolaboratif dan kooperatif, demonstrasi, eksperimen, observasi di sekolah, ekplorasi dan kajian pustaka atau internet, atau simulasi.

Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskoveri inkuiri dengan metode seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek.

10

4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

2 JAM

§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan

§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.

Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskoveri inkuiri dengan metode seperti penugasan, observasi lingkungan, atau proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar